Agen & Developer -

7 Keunggulan Membeli Properti Dengan Sistem Syariah

7 Keunggulan Membeli Properti Dengan Sistem Syariah
Share:

Properti untuk sebagian orang merupakan sebuah investasi saat ini yang semakin populer adalah properti syariah yang sangat berbeda dari sistem konvensional. Berlandaskan hukum syariat Islam memang banyak dicari dan menarik untuk masyarakat muslim terutama investor. Adanya properti syariah ini menjadi solusi untuk Anda yang memerlukan properti rumah sebagai tempat tinggal atau investasi. 

Tanpa adanya pihak ketiga atau umumnya pihak lembaga keuangan atau perbankan sehingga jual beli hanya dilakukan antara penjual dan juga pembeli. Berikut ini adalah keunggulan dari membeli properti secara syariah. 

1. Cicilan Tetap Sama dari Awal Hingga Akhir

Para developer properti syariah tidak akan mengambil bunga untuk setiap pembelian properti tersebut. Bukan hanya karena tidak ada bank perantara dari pihak ketiga. Hal ini membuat harga yang harus dibayarkan oleh pembeli tidak berpengaruh terhadap naik turunnya suku bunga. Cicilan yang flat ini berlaku dari mulai cicilan awal sampai akhir. 

2. Memiliki Harga yang Lebih Murah

Harga yang akan Anda dapatkan nantinya akan lebih murah sekitar 10%-18% dibandingkan dengan properti konvensional. Suku bunga yang dimiliki oleh bank konvensional bisa saja akan mencapai 13% bisa juga lebih. Secara total, harga dari properti syariah masih jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga properti konvensional. 

3. Tidak Memerlukan BI Checking

Properti rumah syariah umumnya memang tidak mempunyai kerja sama dengan bank sehingga cicilannya akan langsung ke developer properti tersebut. Hal ini tidak akan membutuhkan BI checking para pembeli hanya harus bertemu secara langsung dengan developernya saja. 

4. Tidak Memiliki Bunga dan Riba

Menghindari dosa dan riba karena tidak ada bunga bagi umat muslim penting untuk dilakukan. Dosa dan riba ini dan Islam bukan hanya berlaku untuk para kreditur saja, pihak perkreditan maupun bank tetapi nasabah atau debitur tetap mendapatkan dosanya. 

5. Tidak Ada Denda dan Sita

Memakai sistem pendekatan musya sehingga tidak harus merasa khawatir jika nantinya rumah Anda akan di sita. Ketika kondisi Anda sedang sulit pastinya akan memerlukan yang namanya keringanan, seperti pembayaran untuk cicilan properti tersebut. Ada beberapa pihak properti syariah mendapatkan pengajuan untuk keringanan biaya cicilan. 

Rata-rata mereka akan memberikan keringanan sebesar 30% - 50% atau juga bisa melakukan perpanjangan waktu pembayarannya. Hal tersebut tetap harus dilihat dari berbagai pertimbangan sehingga dapat disetujui nantinya. Dasar jual beli dalam ajaran agama IsIam bukan hanya semata tentang keuntungan tetapi juga membantu antar sesama. 

6. Syarat Lebih Fleksibel

Jual beli ini hanya akan terjadi antara Anda sebagai pembeli dan juga developer. Tidak perlu sibuk untuk mengajukan perizinan untuk pekerjaan Anda tersebut sehingga Anda dapat memiliki pengaturan jadwal serta negosiasi yang lebih mudah dan juga fleksibel. 

7. Fasilitas Lebih Islami

Ada beberapa perumahan memiliki fasilitas untuk umat muslim. Umumnya developer akan menyediakan masjid sebagai tempat ibadah umat muslim sebagai salah satu fasilitas dari perumahan. Hal ini akan memberikan suasana Islami yang di inginkan, bahkan juga ada yang menyediakan rumah tahfidz dan klinik Islam. 

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top