Tips & Trik - Rumah

5 Ide Cemerlang Renovasi Rumah Tipe 36

5 Ide Cemerlang Renovasi Rumah Tipe 36
Share:

Renovasi rumah menjadi cara jitu untuk membuat rumah kamu menjadi lebih nyaman untuk ditinggali. Hal ini berlaku untuk semua jenis rumah, baik rumah mewah atau rumah tipe 36 bersubsidi. Nah, untuk kamu yang masih bingung tentang apa yang harus direnovasi, disini kita ada solusinya. Ini dia beberapa ide renovasi rumah untuk jenis renovasi rumah subsidi type 36.

1. Menambah Pagar

Pagar adalah elemen penting yang bisa ditambahkan pada rumah tipe 36 kamu. Renovasi dengan menambah pagar akan meningkatkan keamanan rumah kamu. Selain itu, pagar juga dapat mempercantik bagian depan rumah. Jadi, ada nilai fungsi dan estetikanya.

Pastikan memilih pagar yang tepat dengan desain atau tampilan yang kamu inginkan. Karena ukuran rumah tipe ini terbilang kecil, jangan memilih jenis pagar yang terlalu mewah. Pilih pagar bergaya minimalis. Pagar bergaya ini cocok dan bisa membuat tampilan rumah menjadi lebih bagus lagi.

Jangan lupa pula memilih cat pagar yang tepat. Cara mudahnya adalah memilih cat pagar yang kontras dengan cat tembok rumah. Misalnya, kalau cat tembok rumah berwarna putih, pilih cat pagar dengan warna gelap, seperti hitam, coklat tua atau sejenisnya.

Gunakan berbagai gambar renovasi rumah sederhana sebagai referensi. Jadi, kamu tahu pagar apa yang paling pas dengan rumah dan gaya yang kamu inginkan. Kamu akan mendapat pagar yang keren, aman, dan pas dengan budget.

2. Ganti Warna

Mengganti warna cat rumah bisa juga menjadi solusi renovasi sederhana tetapi efektif. Warna tembok rumah, khususnya bagian depan akan sangat mempengaruhi tampilan rumah. Biasanya, pengembang properti akan menggunakan warna netral seperti putih. 

Sebenarnya, warna putih sudah sangat cocok dengan rumah tipe ini. Warna terang membuat rumah berukuran kecil seperti ini terlihat lebih megah. Tetapi, kalau kamu ingin mengubahnya atau tak suka warna putih, ada beberapa pilihan warna lain yang bisa dicoba. Misalnya, warna coklat terang, biru mudah, hijau muda atau warna pastel terang lainnya.

Agar tidak terkesan monoton, kamu juga bisa membuat modifikasi warna pada proyek ini renovasi rumah type 36. Misalnya, gunakan warna berbeda pada bagian fasad bangunan. Warna berbeda bisa warna kontras dari warna tembok atau warna senada. Jadi, kalau tembok berwarna biru muda, kamu bisa pakai warna hitam atau biru tua untuk bagian fasad.

3. Tambah Kanopi

Kanopi adalah salah satu pilihan terbaik untuk proyek renovasi perumahan. Menambah kanopi pada bagian depan rumah akan membuat rumah terlihat mencolok. Kanopi juga dapat melindungi bagian tersebut dari sinar matahari dan hujan. Yang jelas, rumah kamu akan tampak berbeda dari rumah lain di sekitarmu.

Saat ini, ada banyak jenis kanopi untuk rumah berukuran kecil seperti rumah tipe 36. Untuk kemudahan perawatan dan pemasangan, pilih kanopi bergaya minimalis. Kanopi jenis ini sangat cocok untuk rumah tipe 36 yang kebanyakan memiliki desain minimalis.

Lalu, untuk bahan, pilih bahan baja ringan. Selain kuat dan tahan lama, bahan kanopi dari baja ringan juga membuatnya mudah dipasang. Jadi, proses renovasi rumah tidak akan mengalami hambatan. Selain itu, kamu juga dapat menghemat lebih banyak waktu saat memasangnya.

Harga kanopi dari baja ringan mungkin sedikit agak mahal. Ada juga kanopi dari plastik. Tetapi, kita sarankan baja ringan karena kualitasnya yang lebih baik. Selain itu, daya tahannya yang lama juga menghemat uang untuk perawatan atau perbaikan karena tidak cepat rusak.

4. Mengubah Area Dapur dan Ruang Santai

Bila tips sebelumnya berfokus pada renovasi perumahan type 36 bagian luar, kali ini kita coba renovasi bagian dalam. Area dapur dan ruang santai bisa coba kamu ubah sedikit. Caranya adalah menyatukan kedua ruangan tersebut dan membuat konsep terbuka.

Renovasi ini tidak membutuhkan banyak biaya karena hanya perlu menghilangkan pembatas ruangan. Bila perlu, tambahkan lebih banyak jendela berukuran besar pada tembok belakang. Jendela akan membuat cahaya alami masuk lebih banyak. Jadi, ruangan baru ini akan menjadi lebih lega dan menghilangkan kesan suram.

Agar renovasi rumah subsidi kamu untuk bagian dapur dan ruang santai berhasil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Desain – pastikan menentukan desain terlebih dahulu. Kalau perlu, konsultasi dengan desainer interior profesional.
  • Arah matahari – hal ini berhubungan dengan peletakan jendela baru untuk mendapatkan cahaya alami yang lebih banyak.
  • Material – pilih material yang tepat agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu memberatkan kantong kamu.

5. Membangun Taman Mungil

Kalau kamu punya area sisa pada bagian depan atau belakang rumah, kamu bisa memanfaatkannya untuk taman. Tidak perlu besar. Taman berukuran kecil sekalipun akan dapat mengubah nuansa rumah kamu.

Renovasi rumah kpr dengan membangun taman seperti ini mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu mencabut gulma dan rumput liar pada area tersebut. Lalu, beli rumput baru dan tanam pada area tersebut. Tambah juga tanaman bunga atau lainnya yang memiliki warna mencolok untuk memperindahnya.

Kalau bagian depan sudah disemen, kamu dapat menggunakan pot atau planter. Bisa juga pakai planter gantung dan pasang pada tembok pagar kamu. Dengan demikian, kamu bisa menghemat tempat dan menambah warna alami pada rumah.

Bagaimana dengan jenis tanaman untuk taman mungil ini? Pilih saja tanaman yang mudah untuk dirawat, misalnya rumput gajah atau rumput jepang. Untuk menambah warna, pakai bunga standar taman, seperti melati, mawar, atau geranium. 

Tetapi, bila kamu hobi berkebun, tak ada salahnya memanfaatkan proyek renovasi perumahan subsidi ini untuk membangun area hobi kamu. Jangan ragu untuk mengeluarkan dana guna mengubah dan merenovasi bagian kecil dari rumah ini. Niscaya, rumah ini akan jadi rumah impian kamu.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan 

Sebelum memulai proses renovasi, ada beberapa hal yang harus kamu tahu, seperti:

  • Aturan renovasi – ada aturan tertentu untuk merenovasi rumah tipe 36, khususnya rumah bersubsidi. Pastikan kamu mempelajarinya agar tidak bermasalah nantinya.
  • Kebutuhan renovasi – pastikan merenovasi sesuai kebutuhan. Jangan hanya ikut-ikutan, karena hal itu hanya buang-buang duit dan rumah jadi tidak nyaman.
  • Gunakan tenaga profesional – tak ada salahnya memakai jasa profesional untuk kebutuhan renovasi. Mereka juga dapat memberikan rekomendasi renovasi rumah agar hasil renovasi menjadi lebih baik.
  • Sesuaikan dengan budget – boleh bermimpi merenovasi rumah besar-besaran dan mengubahnya menjadi tempat tinggal idaman. Tetapi, sesuaikan juga dengan budget. Jangan sampai proyek renovasi rumah KPR kamu samakan dengan renovasi apartemen. Keuangan kamu bisa bermasalah nantinya.

Penutup

Itu dia beberapa tips renovasi rumah tipe 36 sederhana yang bisa dicoba. Pastikan melakukan persiapan matang sebelum melakukan renovasi agar hasil terbaik bisa didapat. Proses juga dapat berjalan lancar tanpa ada masalah berarti. Jadi, sudah siap untuk renovasi rumah?

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top