Inspirasi - Arsitektur

5 Inspirasi Desain Rumah Subsidi Minimalis

5 Inspirasi Desain Rumah Subsidi Minimalis
Share:

Seperti apa desain rumah subsidi bagus? Rumah subsidi adalah jenis rumah dikhususkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Rumah subsidi bisa dibeli tunai atau lewat sistem KPR. Biasanya desain rumah subsidi cukup bervariatif, tergantung pengembang perumahan tersebut. Akan tetapi, ukurannya sudah ditetapkan oleh pemerintah, seperti luas tanah kurang lebih 60 - 200 meter persegi, serta luas bagunan 21 - 36 meter persegi. Dimana artinya, minimal luas tanah untuk rumah subsidi adalah 60m2 serta luas tanah maksimal 200 m2. Sedangkan luas bangunan minimal 21 m2 serta maksimal 36 m2.

Desain rumah di dalam 1 komplek biasanya dibuat sama atau seragam supaya lebih rapi serta hemat biaya pembangunan. Nah, inilah beberapa inspirasi sekaligus jenis desain rumah subsidi minimalis cukup populer. 

1. Rumah Subsidi dengan Kanopi

Kanopi memiliki fungsi untuk menjadi perlindungan pada rumah serta bisa berikan kesejukan, dan juga menghalangi masuknya air hujan dan debu di depan rumah.

Kamu dapat memakai kanopi pada desain rumah subsidi minimalis supaya hunian terjaga keindahannya.

Kanopi juga ada cukup banyak desain dapat dipilih seperti polikarbonat, kaca, spandek, alderon, dan lain-lainnya.

2. Desain Rumah Subsidi dengan Atap Susun

Rumah subsidi cukup identik dengan rumah ukuran mungil atau rumah minimalis. Akan tetapi, dengan desain tepat, rumah kecil dapat terlihat lebih besar. Misalnya saja dengan memasang atap susun yang ciptakan kesan seperti rumah terdiri dari dua bangunan. Desain pada depan rumah dibuat sederhana dengan pemakaian warna-warna yang netral seperti cokelat dan krem.

3. Desain Rumah Subsidi Warna Ganda

Rumah subsidi memiliki sifat siap huni, yang mana pembeli dapat langsung menempatinya. Namun sayangnya, pembeli jadi tak bisa atur desain yang sesuai dengan keinginan. 

Namun, desain rumah subsidi sederhana tak menjadi masalah sebab nantinya pemilik rumah bisa dengan bebas merenovasi jika sudah mempunyai dana. 

4. Desain Rumah Subsidi dengan Konsep Hijau

Ada juga desain rumah subsidi yang usung konsep hijau atau lingkungan perumahan hijau serta asri dengan banyak pohon dan tanaman. Sejumlah rumah subsidi biasanya terlihat gersang sebab kurangnya tanaman dan pohon di sekitar. Nah, konsep hijau ini dapat menghalau image tersebut.

Desain satu ini cocok untuk kamu yang suka hunian dengan konsep yang natural atau sejuk. Untuk konsep hijau ini, biasanya pengembang akan sediakan space untuk taman kecil yang berada di halaman depan atau bagian belakang rumah. Rumah pun punya unsur alam kuat, dari material rumah seperti kayu dan pemilihan cat.

5. Desain Rumah Subsidi dengan Taman Depan Minimalis

Jika kamu suka desain rumah subsidi sejuk dan asri, kamu dapat meletakkan beberapa tanaman hias di depan rumah. Kamu dapat memakai rumput sintetis serta stone garden, supaya tak repot ketika mengurus tanaman itu. Penataan taman hias yang rapi dan ditambah dekorasi pot gantung serta kursi taman akan membuat rumah tampak sangat asri.

Demikianlah sejumlah jenis sekaligus inspirasi desain rumah subsidi minimalis. Menarik bukan? Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top